Profil PMI Kab Bekasi
728 x 90



Profil PMI Kab Bekasi

Profil PMI Kab Bekasi

Sejalan dengan pengamalan Pancasila, Palang Merah Indonesia (PMI) berfungsi sebagai organisasi sosial Kemasyarakatan yang melaksanakan kegiatan di bidang Sosial Kemanusiaan.

PMI dibentuk bertujuan untuk meringankan penderitaan sesama manusia apapun sebabnya TANPA membedakan agama, bangsa, suku, golongan, warna kulit, jenis kelamin, dan bahasa.

Keuangan PMI bersumber dari

  1. Iuran Anggota
  2. Sumbangan Masyarakat melalui Bulan Dana
  3. Subsidi Pemerintah
  4. Usaha lain yang sah & bantuan-bantuan dari Organisasi lain dari dalam & Luar negeri( baik pribadi maupun kelompok ) yang tidak mengikat

 HIERARKI PMI

  1. PMI Pusat Berkedudukan di Jakarta meliputi seluruh Indonesia
  2. PMI Daerah Berkedudukan di Ibu Kota Propinsi
  3. PMI Cabang Berkedudukan di Kabupaten/Kota
  4. PMI Ranting Berkedudukan di Kecamatan

 KEANGGOTAAN PMI

  1. Anggota Biasa
  2. Anggota Remaja
  3. Anggota Luar Biasa
  4. Anggota Kehormatan

 TUJUAN JANGKA PANJANG (OVERALL GOAL)

  1. PMI dapat memenuhi memenuhi tanggung jawabnya untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat yang paling rentan pada sebelum, saat, dan sesudah bencana.
  2. Terselenggaranya pelayanan kesehatan bagi masyarakat rentan secara merata, terjangkau, dan bermutu.
  3. PMI memiliki kapasitas untuk memberikan pelayanan sosial yang berkualitas kepada masyarakat rentan di seluruh Indonesia.
  4. Terwujudnya komunikasi yang baik agar dapat mendukung PMI sebagai organisasi kemanusiaan yang netral dan unggul di Indonesia.
  5. PMI memiliki struktur, sistem, keahlian, dan kapasitas yang memadai untuk memberikan pelayanan yang bermutu kepada kelompok palingrentan di seluruh Indonesia.

 

KEGIATAN DAN PELAYANAN

Pelayanan Bantuan korban dan Kesiapsiagaan Penanggualangan Bencana

  1. Kesiapsiagaan Bencana
  2. Kesiapsiagaan Berbasis Masyarakat
  3. Tanggap Darurat Bencana

 Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat

  1. Upaya Kesehatan Transfusi Darah
  2. Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (CBFA)
  3. HIV /AIDS & NAPZA
  4. Air dan Sanitasi
  5. Tanggap Darurat Kesehatan
  6. Pelayanan Pos Pertolongan Pertama (PP)
  7. Pelayanan Ambulans
  8. Dukungan Psikologi
  9. Rumah Sakit PMI / Poliklinik
  10. Restoring Family Link(Pemulihan Hubungan Keluarga)
  11. Pelayanan pada Lansia
  12. Pelayanan bagi Anak Jalanan

 Diseminasi Kepalangmerahan & Hukum Perikemanusiaan Internasional

  1. Pembinaan & Peningkatan Kapasitas Organisasi
  2. Penggalian Dana (Fund Raising)
  3. Pengembangan Sumber Daya
  4. Pembinaan PMR & Relawan (KSR/TSR)
  5. Pendidikan dan Pelatihan

 Pelayanan Transfusi Darah