PERSIAPAN PMI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK KAMPANYE MR --bagian V CegahCampakRubella--
728 x 90

PERSIAPAN PMI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK KAMPANYE MR --bagian V CegahCampakRubella--

PERSIAPAN PMI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK KAMPANYE MR --bagian V CegahCampakRubella--
PERSIAPAN PMI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK KAMPANYE MR --bagian V CegahCampakRubella--

BRIEFING RELAWAN PMI UNTUK PEREKRUTAN RELAWAN MASYARAKAT

Setelah dilakukan launching tingkat Kabupaten/Kota, relawan PMI diberikan briefing terkait kegiatan mengidentifikasikan dan merekrut relawan masyarakat yang akan dimobilisasi untuk melaksanakan kegiatan di lapangan.

Tujuan briefing ini adalah agar Relawan PMI memahami:

  1. Kriteria relawan masyarakat yang perlu direkrut Pembagian penugasan/wilayah untuk rekrutmen Form yang perlu diisi oleh relawan masyarakat (biodata: Nama lengkap, Nomor Hp, alamat, nama kelurahan/Desa/RW penugasan)
  2. Laporan kegiatan yang diperlukan

PEREKRUTAN RELAWAN MASYARAKAT

Segera setelah launching di tingkat Kabupaten/Kota, relawan PMI bergerak untuk mengidentifikasi dan merekrut relawan masyarakat yang akan memobilisasi untu melaksanakan kegiatan di lapangan. Relawan harus berasal dari wilayah setempat, dikenal baik oleh masyarakat, bersedia dimobilisasi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Adapun perhitungan jumlah relawan yang hendak dimobilisasi adalah berdasarkan: Jumlah kunjungan per hari adalah 40 rumah tangga Lama mobilisasi relawan adalah 10 hari (7 hari sebelum hari H imunisasi; 1 hari H imunisasi; dan selanjutnya 2 hari paska hari imunisasi untuk sweeping) Satu relawan PMI mensupervisi 30 relawan masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan

PELATIHAN RELAWAN PMI

Pelatihan Mobilisasi Sosial/Komunikasi/Edukasi/Promosi dan penggunaan Open Data Kita (ODK) untuk pengumpulan data (bila jadi digunakan). Pelatihan ini untuk relawan PMI diharapkan dapat membekali mereka untuk melatih relawan masyarakat.

Tujuan:

  1. Memberikan pemahaman terkait pentingnya imunisasi MR (manfaat, sasaran kelompok umur, akibat/resiko bila tidak imunisasi, waktu dan tempat pos pelayanan imunisasi dll).
  2. Memberikan pemahaman dan keterampilan tentang strategi komunikasi yang efektif, khususnya komunikasi interpersonal.
  3. Memberikan pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan ODK
  4. Menyusun perencanaan pelaksanaan pelatihan bagi relawan masyarakat (pada pelatihan relawan PMI
  5. Memberikan pemahaman tentang penandaan rumah yang telah dikunjungi (penempelan stiker) dan juga dokumentasi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>