KAMPANYE CAMPAK DAN RUBELLA PMI KABUPATEN BEKASI --bagian III CegahCampakRubella--
728 x 90

KAMPANYE CAMPAK DAN RUBELLA PMI KABUPATEN BEKASI --bagian III CegahCampakRubella--

KAMPANYE CAMPAK DAN RUBELLA PMI KABUPATEN BEKASI --bagian III CegahCampakRubella--
KAMPANYE CAMPAK DAN RUBELLA PMI KABUPATEN BEKASI --bagian III CegahCampakRubella--

Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi Campak dan Rubela (Measles and Rubella atau disingkat MR) pada tahun 2020, yaitu menurunkan angka kesakitan Rubella/CRS sebanyak 95% dari angka tahun 2008.Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan RI akan mengadakan Kampanye sekaligus Vaksinasi MR fase pertama di bulan Agustus dan September 2017 di seluruh provinsi di Pulau Jawa (6 provinsi dan 119 kab/kota); sekitar 36,776,100 atau 55% dari populasi Indonesia usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun (kurang 1 hari).

Kampanye MR ini bertujuan untuk:

  • Meningkatkan kesadaran masyarakat & kerjasama dengan sektor swasta tentang pentingnya Imunisasi rutin dan lanjutan.
  • Meningkatkan kerjasama dengan swasta dan partner dalam kegiatan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi (NGO, program berbasis masyarakat, media, institusi budaya, pimpinan masyarakat dan agama, sekolah, humanitarian dan sukarelawan) serta untuk membantu program rutin setelah selesai kegiatan Imunisasi tambahan.
  • Pad asaat pendataan sasaran kampanye MR, juga dimanfaatkan untuk mendata anak yang belum mendapat Imunisasi lengkap, untuk dilengkapi pada saat yang sama atau pada kunjungan berikutnya.

Selain itu, keterlibatan ini adalah wujud dukungan PMI Kabupaten Bekasi terhadap Pemerintah dalam mengentaskan bahaya Campak dan Rubella bagi anak Indonesia.

TUJUAN

Tujuan yang hendak dicapai adalah:

  • Mengunjungi 100% rumah tangga yang ada di wilayah yang telah ditetapkan menjadi prioritas untuk memberikan informasi tentang kampanye MR.
  • Memastikan setidaknya 90% dari rumah tangga (ibu atau pengasuh) diyakinkan untuk membawa anak mereka ke pos pelayanan imunisasi MR.
  • Memastikan pelibatan masyarakat dalam mendukung kegiatan kampanye MR.
  • Menciptakan keterhubungan dengan pelayanan imunisasi rutin demi keberlanjutan upaya pengendalian rubella dan eliminasi campak.

Hasil yang diharapkan dan yang akan diukur dalam kegiatan ini:

  • 150 Relawan PMI dan 1,600 relawan masyarakat dilatih dalam mobilisasi masyarakat untuk kampanye MR.
  • 95% rumah tangga di wilayah sasaran/prioritas dikunjungi di mana orang tua atau pengasuh anak menerima informas tentang MR sebelum tanggal pemberian imunisasi.
  • 95% dari populasi mengetahui tanggal pelaksanaan imunisasi di wilayahnya. Mencapai cakupan setidaknya 95% di setiap kab/kota atau puskesmas sasaran.
  • Material komunikasi, informasi, dan edukasi dicetak dan didistribusikan dengan baik.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>